Pages - Menu

Sunday, May 10, 2015

Faktor Resiko Diabetes Melitus


Pada kesempatan ini, kita akan membahas beberapa faktor resiko yang menyebabkan resiko seseorang untuk menderita Diabetes Melitus menjadi meningkat.

Dari berbagai literatur yang beredar, faktor resiko Diabetes Melitus adalah: 

1. Keturunan
2. Obesitas / Kelebihan Berat Badan
3. Kurang Aktifitas
4. Usia


1. Keturunan
    Pada diabetes, tidak dapat dipungkiri bahwa keturunan memiliki peran penting dalam memprediksi tingkat resiko seseorang menderita kencing manis. Misalkan jika seseorang memiliki ayah atau ibu yang menderita kencing manis, artinya dirinya lebih rentan menderita diabetes dibandingkan orang yang keluargnya tidak ada yang memiliki riwayat diabetes. Jika seseorang memiliki ayah, ibu, dan kakak yang memiliki riwayat menderita kencing manis, tentu resiko dirinya akan lebih tinggi dibandingkan jika hanya salah satu anggota keluarganya yang memiliki riwayat diabetes. Intinya, semakin banyak keluarga langsung / inti yang memiliki riwayat diabetes, maka semakin tinggi pula resiko dirinya menderita diabetes.

2. Obesitas / Kelebihan Berat Badan
    Obesitas menjadi faktor utama yang dapat meningkatkan resiko menderita diabetes, walaupun sudah ditelusuri dari berbagai keturunan tidak ada saudara / keluarga yang memiliki riwayat Diabetes, tetapi seseorang dapat menderita diabetes karena berat badan yang berlebih. Dari berbagai penelitian menunjukan pada berat badan yang berlebih, kemampuan insulin untuk mengangkut gula darah ke dalam sel manjadi semakin menurun, sehingga gula darah yang seharusnya dipergunakan oleh tubuh menjadi energi, justru tidak bisa diangkut dari dalam darah.

3. Kurang Aktifitas
    Hal ini berkaitan erat dengan masalah obesitas. Aktifitas sehari-hari yang jarang bergerak menyebabkan resiko untuk memiliki berat badan berlebih semakin meningkat, sehingga resiko untuk menderita diabetes pun menjadi ikut meningkat. Aktifitas yang paling disarankan adalah olahraga, karena olahraga adalah cara terbaik untuk menjaga berat badan Anda.

4. Usia
    Insulin yang bertugas mengangkut gula darah ke dalam sel tubuh pada dasarnya dihasilkan oleh salah satu organ tubuh manusia yang disebut dengan Pankreas. Seiring meningkatnya usia seseorang menjadi usia lanjut, berbagai fungsi organ tubuh pun semakin menurun, tidak terkecuali fungsi organ Pankreas. Semakin lanjut usia seseorang produksi insulin untuk mengangkut gula dari dalam darah semakin sedikit, sehingga seseorang yang berusia lanjut lebih rentan untuk menderita diabetes. Berdasarkan berbagai penelitian, usia lanjut seseorang yang mulai rentan menderita diabetes adalah setelah usia 60 tahun. Tetapi, saat ini ternyata banyak usia dibawah 60 tahun yang sudah memiliki nilai gula darah yang tinggi yang disebabkan oleh faktor gaya hidup seperti obesitas dan aktifitas seperti yang disebutkan di atas.

Jadi, mulailah ubah gaya hidup Anda, mulailah jaga asupan makanan jangan sampai berlebihan (agar tidak menimbulkan obesitas) dan mulailah berolahraga minimal 30 menit dalam sehari agar terhindar dari penyakit Kencing Manis tersebut.  : )


Apakah banyak makan gula menyebabkan Kencing Manis?
Will be reviewed next!

No comments:

Post a Comment