Pages - Menu

Saturday, October 17, 2015

Periksa Payudara Sendiri (SADARI)

            
Dalam mendeteksi adanya tumor atau kanker payudara, ternyata tidak harus selalu menggunakan teknologi radiografi yang canggih dan memakan biaya yang tidak murah. Anda sebagai seorang wanita memiliki peran penting untuk melakukan deteksi dini. Ada sebuah metode sederhana yang sangat disarankan oleh para dokter spesialis kebidanan yang disebut SADARI atau Periksa Payudara Sendiri. Melalui metode ini Anda bisa menemukan kelainan atau benjolan pada payudara Anda sedini mungkin sebelum kelainan atau benjolan tersebut menjadi lebih besar dan menimbulkan gejala yang lebih serius. 

            Langkah-langkah SADARI (Periksa Payudara Sendiri):
  1. Berdiri di depan cermin, perhatikan setiap payudara. Apakah ada yang terlihat tidak wajar? Misalnya: puting susu tertarik ke dalam, ada lekukan di kulit, atau ada benjolan.
  2. Angkat kedua lengan ke atas dan ulangi pemeriksaan diatas.
  3. Kedua telapak tangan saling menekan. Cara ini akan meregangkan otot dada dan perubahan seperti cekukangan dan benjolan akan lebih kelihatan.
  4. Berbaringklah dengan meletakan bantal kecil dibawah punggung. Angkat satu lengan ke atas dan letakan di belakang kepala. Rabalah dengan tiga telapak jari (jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis) yang dirapatkan. Lakukan gerakan memutar dengan tekanan lembut, mulai dari tepi dengan mengikuti arah putaran jarum jam. Lakukan hal tersebut pada kedua payudara.
  5. Pijat daerah sekitar putting susu, adakah keluar cairan yang tidak biasa?
            Jika Anda menemukan adanya kelainan / benjolan / tumor pada payudara, barulah Anda perlu melakukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis kebidanan atau dokter spesialis bedah onkologi untuk pemeriksaan lebih lanjut. Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan radiologi seperti USG Payudara, Mamografi, ABVS, atau bahkan MRI.

            Jadi daripada masalah tumor payudara menjadi momok yang menakutkan dan membuat hati tidak tenang, Anda bisa melakukan pemeriksaan sederhana ini sendiri tanpa harus mengeluarkan biaya.

(Sumber: Lembar Edukasi Klinik Breast Center RS PIK)

Baca Juga: Deteksi Kanker Payudara dengan Nyaman

No comments:

Post a Comment