Pages - Menu

Wednesday, December 30, 2009

Mengontrol kartu

Dalam permainan sulap kartu, salah satu teknik dasar yang harus dikuasai adalah cara Mengontrol Kartu. Ketika penonton memilih kartu, kita sebagai pesulap harus tetap bisa mengikuti kemana kartu pilihan penonton berada, walaupun sudah diletakkan di tengah-tengah tumpukan kartu. Setelah kita mengetahui dimana letak kartu pilihan penonton, kita bisa mengontrol kartu tersebut agar ada di atas ataupun di bawah dari tumpukan kartu (deck kartu) sesuai dengan keinginan kita.
Salah satu cara untuk mengontrol kartu agar kartu pilihan penonton bisa berada di bagian atas/bawah deck adalah dengan menggunakan Key Card (Kartu Kunci).

Cara untuk membuat Key Card ada beberapa cara:
  1. Cukup dengan menghafalkan kartu paling bawah, itu yang akan menjadi Key Card Anda.
  2. Menekuk bagian ujung kiri / kanan bawah salah satu kartu, sehingga kartu yang tertekuk sedikit itu adalah Key Card Anda.
  3. Menandai salah satu kartu dengan tanda titik kecil pada ujung bawah kartu.
  4. Berbagai cara lain yang dapat membuat anda dapat mengenali kartu yang menjadi kartu kunci Anda, sesuai dengan kreativitas Anda.Poin terpenting dari Key Card ini adalah jangan sampai penonton tahu bahwa anda menghapalkan ataupun menandai salah satu kartu tersebut.
Cara mengontrol kartu:
  1.  Kocok kartu di tangan Anda, untuk memastikan bahwa kartu tersebut sudah teracak dengan sempurna dan membuktikan bawha kartu tersebut bukanlah kartu sulap
  2. Hafalkan kartu paling bawah atau tekuk sedikit ujung kartu paling bawah sebagai Key Card Anda. Jika Key Card Anda adalah kartu yang ditandai titik dengan pen, lakukan MISDIRECTING sambil memindahkan Key Card Anda ke posisi paling bawah.
  3. Minta seorang penonton memilih 1 buah kartu dari tumpukan kartu di tangan Anda.
  4. Kemudian letakkan sisa kartu yang ada di atas meja dan katakan, "Sekarang Saya tidak akan menyentuh kartu ini lagi".
  5. Minta penonton untuk mengangkat kurang lebih setengah dari sisa kartu tadi dan diletakkan di sebelah kiri sisa kartu yang lain. Kemudian minta penonton untuk meletakkan kartu pilihannya bagian kartu yang sebelah kiri (bagian yang baru ia angkat), dan tumpuk dengan sisa kartu lainnya (bagian kartu yang sebelah kanan). Sekarang berarti posisi kartu pilihan penonton ada di tengah-tengah tumpukan kartu, tetapi letaknya berada tepat dibawah Key Card Anda.
  6. Setelah itu minta penonton untuk mengangkat kembali kurang lebih setengah bagian kartu dan letakkan di atas meja, kemudian ditumpuk dengan sisa kartu lainnya. Penonton boleh melakukan ini berulang-ulang agar pesulap tidak dapat menemukan kartu pilihannya. Setelah penonton puas memotong-motong kartu tersebut menjadi 2, minta kembali tumpukan kartu tersebut. (*NOTE: Kartu tidak boleh dikocok, kartu hanya boleh dipotong menjadi 2 bagian oleh penonton, tidak boleh dipotong menjadi 3 bagian ataupun lebih, karena kartu akan menajdi benar2 teracak.)
  7. Buka tumpukan kartu tersebut, perlihatkan kepada penonton bahwa kartu pilihannya sekarang benar-benar ada di tengah dan sulit bagi Anda untuk menemukannya. Sambil memperlihatkan tumpukkan kartu tersebut, secara sembunyi-sembunyi (Lakukkan Misdirecting) carilah Key Card anda.
  8. Setelah anda menemukan KEY Card Anda, berarti Anda dapat melihat kartu pilihan penonton ada tepat di atas Key Card Anda (Kalau dalam keadaan terbuka berarti ada di bawah Key Card Anda).
  9. Dengan kemampuan bicara Anda dan juga kemahiran anda dalam melakukan MISDIRECTING, secara sembunyi-sembunyi potong (bagi 2) tumpukan kartu tersebut, tepat pada kartu pilihan penonton, kemudian letakkan tumpukan yang mengandung kartu pilihan penonton di bagian atas, dan sisanya dibagian bawah, sehingga sekarang kartu penonton ada di paling atas.
Teknik mengontrol kartu ini banyak diimplementasikan  dalam berbagai macam sulap kartu, oleh karena itu Anda harus dapat menguasai teknik ini dengan baik.

1 comment: